“Dari apa yang kita punya dan kita bisa, kita bhaktikan untuk mendapat cinta-Nya”

Sebuah tag line yang mendengung sejak gemuruh melanda Yogya telah menggetarkan hati seorang Dafi Tawon untuk dapat bermanfaat bagi sesamanya.

Tak perlu menjadi orang baik sekali untuk mengajak orang berbuat terpuji. Tak usah menunggu jadi profesor untuk sekedar mengajari anak tentang dunia. Atas dasar itu pula, Dafi Tawon ingin berbagi dan menjawab segala tanya dari pecinta blog ini semampunya.

Atas nama cinta.

NB: Mohon jika ingin bertanya silakan menuliskannya di blog saya yang baru http://firman.web.id, atau link lebih tepatnya klik di sini. InsyaAlloh akan saya jawab semmampu saya.

Jawaban pertanyaan pada comment di sini, juga akan dijawab di sana.

Atas pemaklumannya, saya ucapkan terima kasih.

45 Responses to “tANya-jAWab PsiKoloGi”


  1. 1 sang pemimpi Mei 1, 2008 pukul 11:48 am

    mo tanya ni pak!

    sbenarnya arti psikologi sendiri itu apa c???

    • 2 zayberra Februari 28, 2011 pukul 6:38 am

      Psikologi (dari bahasa Yunani Kuno: psyche = jiwa dan logos = kata) dalam arti bebas psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa/mental. Psikologi tidak mempelajari jiwa/mental itu secara langsung karena sifatnya yang abstrak, tetapi psikologi membatasi pada manifestasi dan ekspresi dari jiwa/mental tersebut yakni berupa tingkah laku dan proses atau kegiatannya, sehingga Psikologi dapat didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental

  2. 3 ranintya Mei 12, 2008 pukul 9:40 am

    aslmkm, fie stres tuh sbnrnya apaan sih?
    apa tuh indikasi kalo kita gak bisa bersyukur..
    positif ataw negatif? makasih

  3. 4 ari Juni 15, 2008 pukul 11:47 pm

    ass..
    sbnrnya les kepribadian itu bisa berpengaruh ga siy bwt kepribadian qta??sbnrnya les kepribadian itu untuk apa y?

  4. 5 amd_cool Juni 16, 2008 pukul 1:08 pm

    emang ada lesnya ya? :-o

  5. 6 dafitawon Juni 17, 2008 pukul 2:15 am

    buat Ari, besok salamnya ditulis lengkap aja ya :) Singkatan salam yang Ari buat dalam bahasa lain, artinya kurang positif, bisa dicek sendiri di kamus

    jawaban:
    sebenarnya, ini kali pertama saya mendengar istilah “les kepribadian”. Saya coba googling, dan simpulan saya, les kepribadian itu merupakan sarana untuk memperoleh kepribadian yang diinginkan oleh empunya pribadi.

    Perlu diketahui, bahwa dalam psikologi kepribadian, tidak dikenal dimensi evaluatif, ini kepribadian baik, itu kepribadian buruk. KIta mesti menerima semua kepribadian orang itu apa adanya.

    Tapi, itu pendapat psikologi yang notabene sekuler lho. Kalau pribadi saya tetap meyakini bahwa kepribadian itu dapat dinilai baik-buruknya. Dalam Islam, kepribadian itu bisa dikatakan sebagai akhlak.

    Pun demikian, yang ada dalam psikologi kepribadian, adalah dimensi sehat dan tidak sehat. Pribadi tidak sehat itu disebut neurotik, orang-orang yang tidak bisa / kesulitan menyesuaikan diri dengan lingkungan. Nah, orang-orang neurotis itulah yang kemudian berusaha diubah perilakunya menjadi perilaku sehat mental. Usaha pengubahan perilaku tersebut dikenal dengan istilah psikoterapi. Ada banyak cara dan metode psikoterapi.

    Barangkali les kepribadian itu adalah istilah orang awam saja untuk menyebut psikoterapi.

    Mengenai berpengaruh atau tidaknya, itu relatif. Memang banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa psikoterapi itu manjur. Tapi, semua itu tergantung dari pribadi masing-masing.

    Seorang dosen senior, Kwartarini, Ph.D, mengatakan bahwa ada 2 syarat orang untuk ‘sembuh’ dalam hal ini diartikan menjadi sehat mental, yaitu:
    1. willingness, kemauan
    2. readiness, kesiapan

    Semoga bermanfaat, terimakasih
    —————————————————————
    referensi:

    Alwisol. edisi revisi. Psikologi Kepribadian. UMM Press.

    Hall, C.S. dan Lindzey, G. Psikologi Kepribadian 1. diterjemahkan Supratiknya. Yogyakarta: Kanisius.

  6. 7 AJ Juli 14, 2008 pukul 2:42 pm

    Assalaamu’alaikum,

    Kang Dafi, saya AJ, 34 tahun, Indonesia.
    saat ini saya sadari saja mengalami stress pasca trauma. baru beberapa bulan silam saya ketahui Isteri saya selingkuh. itupun saya tahu dari isteri selingkuhan saya, istri saya tidak memungkiri. Saya sangat sakit hati, seolah-olah dia nantang, kalo ia selingkuh, emang mau apa? selalu itu yang dia jawab. Saya sudah konfirmasi langsung dengan lelaki itu. Dan dia berkilah, hubungan mereka hanya terjadi di dunia maya (lewat chating dan e-mail). yang sangat bikin kecewa dan menimbulkan pertanyaan terus adalah menurut istrinya, mereka sudah berkirim photo-photo tidak senonoh dan dia yakin mereka pernah ketemuan. saya tanya lagi isteri saya dan lagi-lagi dia menjawab dengan berbelit-belit dan ujungnya mengakui tapi kemudian bilang bahwa dia mengiyakan sekedar ingin tahu reaksi saya.
    Saya merasa sangat tidak berharga, rendah diri dan tertekan. perlu diketahui, saya menderita suatu sindrom yang disebut Kallman syndrome, dan keadaan saya itu yang menjadi justifikasi isteri saya u/ selingkuh.
    Saat ini kami memang masih bersama, dan berniat memperbaiki perkawinan kami tapi saya masih belum bisa melupakan masalah ini, dan saya belum mema’afkan dengan sepenuhnya, saat sendiri sering membayangkan bagaimana mereka chating, topik yang “panas” bagaimana mereka bertemu dan hal-hal menjijikan lain dan seringkali saya bermimpi saya membalas dendam (terutama pada lelaki jahanam itu, saya sering bermimpi membunuh laki-laki itu, dengan beratus cara yang kejam). Saya sadari, kondisi psikologis saya sedang tidak sehat.
    Yang ingin saya tanyakan adalah. Dalam perspektif hukum islam apa yang harus saya lakukan (insya alloh kang dafi berkompeten menjawab.) kemudian. bagaimana menyiasati stress pasca trauma ini ? menurut akang, apa yang sebaiknya saya lakukan ? terus bertahan dengan kondisi seperti ini atau bercerai saja ? tidak ada yang tahu kejadian ini, jadi saya tidak bisa konsultasi ke keluarga atau siapapun. (ma’af identitas saya juga dirahasiakan)

    • 8 dewi Juni 3, 2009 pukul 9:38 am

      dear mas aj,mas dafi…

      reply saya disini hanya untuk minta info alamat email mas aj,karena saya jg menderita kallmann syd dan saat ini saya sedang ditangani oleh dokter spc obsgy endokrinologi , mungkin saya bisa sharing mengenai kallmann syd dg mas aj,dengan begitu mungkin saja bisa diperoleh info u/ kesembuhan masing2.mohon bantuannya.trims.

  7. 9 dina Juli 23, 2008 pukul 12:28 pm

    saya mempunyai anak usia 5 tahun, suatu hari anak saya menemukan kaset VCD porno di kamar saya, dan saya kaget saat saya pulang kerja, anak saya bertanya tentang apa yang dia lihat di kaset tersebut, saya shock saat dia menanyakan ” kok maaf ( titit) nya di jilat-jilat”, mohon beri solusi jawaban apa yang harus dijelaskan ke anak saya agar anak saya lupa atau mengerti tentang kaset tersebut

  8. 10 Rahma Agustus 22, 2008 pukul 2:18 pm

    Assalamu’alaikum,
    Saya mahasisiwi tingkat 3, anak ke dua dari tiga bersaudara. Akan tetapi mengingat kakak saya masih dalam masa pendewasaan sehingga tanggung jawab dan permasalahan keluarga lebih banyak saya yang tahu. Saat ini saya merasa bingung sekali bagaimana menyikapi pikiran kedua orang tua saya yang sangat jauh berbeda baik dalam mengatur keuangan keluarga, cara mendidik anak, mereka memiliki pandangan yang berbeda tanpa pernah membicarakan hal-hal tersebut secara terbuka. Kedua orang tua saya sama-sama menyimpan keluh-kesah sendiri-sendiri sehingga nampak seperti mereka tinggal satu atap hanya karena terikat ikatan nikah dan anak. Karena keduanya hanya sibuk dengan pikiran dan prasangka masing-masing. Dalam pandangan bapak, ibu sudah terlihat lelah mengabdi pada suami padahal yang saya tahu ibu sudah berusaha sekuat tenaga agar bisa menyenangkan hati bapak, akan tetapi di mata bapak selalu saja ada yang salah dan kurang karena bapak sendiri tidak pernah mengatakan apa yang bapak mau. Sampai-sampai bapak pernah nyeletuk menyesal menceraikan istri keduanya(karena dulu bapak pernah punya istri kedua). Yang saya ingin tanyakan bagaimana caranya agar kedua orangtua saya bisa sama-sama terbuka, kalaupun tidak bagaimana cara yang baik untuk menjadi fasilitator bagi kedua orang tua saya?kata-kata apa yang sebaiknya saya gunakan untuk memulai percakapan?karena saya sangat takut sekali menyinggung perasaan keduanya jika saya sampai salah kata. Mohon jawabannya, Terimakasih!

  9. 11 azharimd Agustus 27, 2008 pukul 8:05 am

    kang dafi mana nih tanggapanya?

  10. 12 taslim Oktober 16, 2008 pukul 9:03 am

    assalamwaalaikum

    saya mau tanya istilah untuk orang yang punya karakter yang saya sebutkan di bawah ini.
    kalau orang yang punya karakter marah pada seseorang dan tidak ada kata maaf untuk orang itu karena orang itu disakiti terlebih dahulu da pada saat marah kepada seseorang cenderung diam dan tidak mau berkomunikasi diakbatkan benci yang amat sangat

    apa istilah untuk kasus seperti itu?

    terima kasih sebelumnya :)

  11. 13 Prito Oktober 17, 2008 pukul 8:18 pm

    Bagaimana cara mempengaruhi anak utnuk membeli sepeda mini?

  12. 14 Lex dePraxis Desember 9, 2008 pukul 9:14 am

    Nice entry. Kunjungan pertama minggu ini, met kenal. Will visit again, someday.. ;)

    Solusi Romansa #1 di Indonesia

  13. 15 vyna Desember 20, 2008 pukul 2:35 pm

    saya punya cita-cita pengen jadi psikolog. pengeeeen banget, saya tertarik banget sama yang ada hubungannya dengan psikologi, tapi kata mama aku prospek kedepannya kayaknya kecil, soalnya di Indonesia secara di timur ini psikolog itu nggak terlalu di butuhkan… tanggapan nya gimana?? biar saya juga bisa bilang ke mama…

  14. 16 sastra Januari 7, 2009 pukul 12:08 am

    Malam pak!!!!!
    Bagaimana menyikapi suasana yang tidak kondusif di dalam lingkungan kerja??

  15. 17 dafitawon Januari 7, 2009 pukul 9:01 am

    @ vyna
    jawaban sudah saya tulis di blog saya http://firman.web.id
    tepatnya di
    http://firman.web.id/tanya-jawab-psikologi/

    @ sastra
    malam
    sastra yang budiman, jawaban akan saya tulis di web saya, link sama seperti di atas
    http://firman.web.id/tanya-jawab-psikologi/

  16. 18 Ardy Maret 25, 2009 pukul 5:00 pm

    Mau nanya pak..

    saya ada teman yang kalo cerita sangat bersemangat sekali menceritakan teman2 nya yang udah berhasi, kaya, dll.

    bisa di jelaskan tipe orang seperti ini.

  17. 19 ayurachmawati April 4, 2009 pukul 12:22 pm

    Assalamu’alaik…….
    saya mahasiswa semester4 di suatu universitas di Semarang……..
    anak ke lima dari sembilan bersaudara……
    maaf sebelumnya, biasanya anda di panggil dengan sebutan kang ya………
    kang dafi saya punya adik 4 orang,dan saya bingung sekaligus khawatir dengan adik saya yang terakhir,

    begini..
    adik saya itu kelas 3 SD, dy sulit sekali untuk diajak belajar…….
    sukanya pergi main, sering di nasehati jua pun masih tetep ja bandel, nah yang ingin saya tanyakan……
    apakah kebandelan dan kenekatan adik saya ini karena pendidikan yang keras dalam keluarga saya,
    soalnya kaka’ saya mendidik adik saya ntu keras, kadang lo adik saya sering maen,dy kadang di pukul oleh kaka’ saya atau dimarah-marahi….
    kalo mang itu benar, mungkin dari kang dafi sendiri mempunyai solusinya dalam masalah ini??

    terimakasih…

    Wassalamu’alaikum…….

    apaka

  18. 20 melodyxofxmyxheart Desember 9, 2009 pukul 10:38 pm

    adakah pengobatan untuk penderita MANIC DPEPRESSIVE??

  19. 21 guntur Maret 11, 2010 pukul 11:55 am

    ass…
    kang dafi, mo tanya ne….

    metode tes kepribadian itu ada berapa sih?
    dan apa2 aja…?

    cntoh 1 ny metode skoring (skor), itu kan tes kepribadian yang berdasarkan pertanyaan yg ada skor nya jd kesimpulanya kepribadian nya ntr dr skor tersebut….

    n contoh metode2 yg lain apa y kang dafi?

  20. 22 hendro Mei 18, 2010 pukul 12:16 am

    Pak … Saya punya kebiasaan … Kalau membaca buku, koran atau bacaan sejenis … Saya selalu membacanya dari halaman paling belakang…

  21. 24 Rara Agustus 27, 2010 pukul 12:47 pm

    Assalamualaikum…
    Saya berumur 17 thn.saya sering sekali berhayal tentang masa depan saya nanti,dan saya juga sering sekali berhayal bersama dengan tokoh yang saya idolakan!apakah itu normal untuk remaja seumuran saya???

  22. 25 mita September 19, 2010 pukul 4:44 pm

    assalamualaikum….
    mw nny neh,apa c arti dr stres psikologis dan stres lingkungan fisik ?????

    • 26 jhon piter November 7, 2010 pukul 10:51 am

      setres adalah kemampuan bertingkah laku yang tdak mampu lagi dilakukan sesorang sehingga membuat dia melakukan tindakan di luar sadarnya….

  23. 27 jhon piter November 7, 2010 pukul 10:47 am

    seteres karna penyakit yang bertahun-tahun di dlam tubuh nggak hilang-hilang ,bisa gila aku ini , kalau begini terus hidupku bisa bunuh diri aku, tolong kasih tahu donk , penyait ku ini penyakit tentang syraf yang sangat kronis kata dokter , ayan,…:(
    ada nggak tempat pengobatan yang handal buat hilangi penyakit sialan ini , mudahan ada orang yang bisa sembuhin aku , dari penyakit ini ,,.kurang biaya yang membuat aku terkendalah untuk operasi…tolong kaih tahu donk …penyelesaiannya

  24. 28 berrie November 27, 2010 pukul 5:11 pm

    saya mau bertanya,
    saya seorang suami mempunyai sahabat wanita sudah berkeluarga,satu hari kita ngobrol ngobrol di satu tempat,setelah ngobrol kesana kemari teman saya ini bercerita ttg ketidakpuasan sex nya dengan suaminya sampai bercerita ttg ejakulasi dini (kurang dari 5 menit),yang saya mau tanyakan apakah wajar seorang istri bercerita kepada seorang laki2 yang sudah beristri/atau kepada pria lain ?? apakah dia suka sama saya ?? apakah itu tanda2 mau selingkuh ?

  25. 29 nick-you Desember 19, 2010 pukul 6:07 pm

    asalamualaikum pak

    saya mau tanya pak?
    saya anak pendiam atau(bencis)saya mau tanya bagaimana menjadi anak berprestasi dan bermauan keras tapi apakah benar dengan kerja keras 100@ terwujud

  26. 30 zayberra Februari 28, 2011 pukul 6:28 am

    ..ka dafi gmna cra mengubah pmkiran yang psmis dlam organisasi sekolah?

  27. 31 susi schweiger Maret 20, 2011 pukul 5:06 pm

    psikology apa yang paling bagus untuk dipilih dlm perguruan tinggi? ??

  28. 32 ananda dezan Maret 31, 2011 pukul 11:00 am

    Ass.
    sy dan istri terkadang suka ribut, namun utk keributan yg sifatnya sepela aja..istri sudah menangis begitu hebat, dan sering menyiksa dirinya sendiri dg menjambak rambutny keras keras atau membenturkan kepalanya ke benda disekitarnya seperti tembok, lemari dll, sehingga malah akhirnya membuat saya bekerja keras utk menenangkanya…yg ujung2nya sbg penutup permasalahan ..sayalah yg hrs minta maaf..terus dan terus begitu disetiap keributan, dan semenjak punya anak…istri saya jika memarahai anak sampai perlakuan fisik yang sampai detik inipun utk sy pribadi belum pernah sya lakukan pada anak saya,…seringkali mencakar, memukul baik pake tangan maupun pakai benda tertentu….tp di sisi lain,… jika tdk ada masalah,…istri sy begitu sangat menyayangi kami,..apalgi terhadap anak…bahkan perlakuan sayangnya melebihi sy,.krn sampai dipeluk , diciumi dan selalu teramat sangat memanjakan anak kami,..maklum anak kami memang baru satu ( usia 7 th ),…yg ingin saya tanyakan, knp hal itu bisa terjadi pd istri saya..dan bagaiman mengatasinya..terima kasih.

  29. 33 eva April 13, 2011 pukul 9:59 pm

    assalamu’alaikum….
    mas mau tanya, ada gak yah film yang ceritanya mencermikan mental-mental yang sehat….
    thanks…

  30. 34 rohana Mei 17, 2011 pukul 5:08 pm

    menurut anda teori psikologi apa aja yang terkandung didalam film hellen keller?
    mohon bantuannya?
    terimakasih :)

  31. 35 tasya Juni 19, 2011 pukul 9:26 pm

    dok gw pengen nanya nih, umr saya skrng nih 21, smpai sekarang kok saya susah untuk membuka hati ke lawan jenis yah, dan jujur smpai umur sekarang saya belum pernah merasakan manisnya cinta, sebenarnya saya juga bingung, kenapa saya bisa seperti ini, disaat ingin menjalani hubungan (pacaran) saya sering takut bosan, karena itulah sampai sekarang saya gak pernah pacaran, teman-teman saya banyak yang menyimpulkan, kalau saya rada gk normal, dan jika saya menyukai seseorang saya lebih suka untuk memendam, dan menangis, saya bingung kasih solusi dong?

    dok bisa gk blsnya k email (Natasya_Tuahuns@yahoo.co.id)

  32. 36 maya November 6, 2011 pukul 2:45 pm

    sdh 2 thn ini aq menderita maag kronis,,sampai2 sdh terbawa pikiran,,,di pikiran q hanya berfikir mati dan mati,,,setiap aq bergerak atau melakukan sesuatu pasti takut,,,bagaimn aq bs menghilangkannya,,,kt org aq maag stress

  33. 37 david sianipar Januari 19, 2012 pukul 10:15 am

    apa istilah tight profile… dalam psikologi trims

  34. 38 david sianipar Januari 19, 2012 pukul 10:30 am

    nama saya
    tgl 16 lalu saya tes psikolog untuk promosi jabatan namun saya bingung dengan hasil nya, mohon penjelasan

    IQ 119

    KOMP. WAJIB
    3 3 3 1 2 = ING ACH CO CSO IU

    KOMP. PENDUKUNG
    3 2 3 3 2 = AT CT INT TW TL

    KOMP. PERSONAL
    3 1 3 2 = RB SCT SCF FLX

    100 75 75 33 67 =
    100 50 60 100 200 =
    75 33 100 67 =
    81 ==> SCKOR
    DISC == > Tight Profile ( MEMBUAT SAYA BERTANYA TANYA )
    B ===> REKOMENDASI ( BISA PROMOSI DLM JANGKA 12 BULAN )

    TERIMA KASIH ATAS JAWABANNYA …

    SALAM BUDIMAN

  35. 39 Fafa Februari 3, 2012 pukul 6:00 pm

    Gimana sich caranya qt bisa terbuka dg orla dan gimana caranya ngilangin sifat melankolis plegmatis

  36. 41 Muhammad Agus Ijtihadi Februari 18, 2012 pukul 3:17 pm

    assalamualaikum
    masalah saya .. saya sering merasa kurang percaya diri akan diri saya .. jujur saya memang berasal dari keluarga yang kurang sempurna .. orang tua saya bercerai sejak saya kelas 4 SD .. sebenarnya sebelum mengalami perceraian saya memang tidak pernah merasakan kasih sayang dari seorang ayah … karena posisi ibu saya yang menjadi istri ke-2 sangat tidak memungkinkan untuk ayah saya berada dirumah secara bebas dan leluasa … nah di usia remaja seperti ini saya baru benar benar merasakan dampak dari perceraian itu … saya sering merasa kurang percaya diri dalam bergaul dan kadang emosi saya kurang terkendali …
    sekian masalah yang saya hadapi semoga situs ini bisa membantu permasalahan saya ..
    terimakasih … wassalam.

  37. 42 Piyathida Januari 12, 2013 pukul 10:19 pm

    assalamualaikum pak.
    saya merasa kurang bisa berinteraksi dengan baik.
    saya sekarang duduk di kelas 2 SMK dan saya hanya akrab dan merasa dekat teman-teman sekelas saya. saya tidak berani untuk berkomunikasi atau sekedar menyapa siswa-siswa lainnya karena takut dianggap sok kenal.ditambah lagi karena memang secara fisik saya gak terlalu menarik (pendek, gendut, kulit hitam) pernah suatu hari saya diledek oleh siswa laki-laki kelas 3 dan saya merasa sangat kesal dengan mereka.
    setiap bertemu dengan siswa yang tidak saya kenal saya hanya bisa menundukkan kepala atau memalingkan muka.
    bahkan untuk hal penting sekalipun (dalam organisasi) saya tidak berani intuk mendiskusikannya dengan teman satu organisasi yang tidak terlalu dekat dengan saya.
    saya lebih suka menyendiri dan cenderung tidak peduli dengan orang lain.

    bagaimana cara mangatasinya pak?
    terimakasih.

  38. 43 Alfiah Januari 31, 2013 pukul 3:23 pm

    Bagaimana capqa belajar ilmu psikologis dengan mudah

  39. 44 calista Mei 20, 2014 pukul 9:44 am

    assalamualaikum…….
    saya mau tanya… saya gadis berumur 17 tahun. saya masih bersekolah. namun saya mencintai seorang pria yang umurnya terpaut 8 tahun dari saya. rasa cinta saya kepada dia amat teramat besar. hingga saya merasa saya tak bisa hidup tanpa dia. namun sebulan lagi dia mau menikah orang lain. dia menginginkan saya tetap menjadi pacar rahasianya. saya tak bisa menolak karena saya sangat mencintainya. benarkah yang saya lakukan? kalau tidak. apa yang sebaiknya saya lakukan?

  40. 45 Sonya Juli 2, 2014 pukul 5:41 pm

    Halo… Saya Sonya, 17 tahun. Saya merasa aku ada masalah yang bener2 bakalan berpengaruh sama hidup saya kedepannya. Saya amat sangat BENCI sekolah. Entah kenapa. Dan berhubungan, saya itu memang GAK SUKA keluar rumah. Kenapa ya? Saya sendiri juga enggak ngerti deh. Pokoknya saya jauh lebih suka di kamar, main internet atau baca. Pokoknya keluar pagar tuh, uhhh, gak enak. Gak suka deh. Banyak yang bilang taraf saya udah gak normal. Boleh minta jawaban dan solusi? Makasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Arsip

My Photo

skema perubahan

untuk diupload firman sakit yang kedua

DSC00006

DSC00008

firman sakit untuk diupload

More Photos
who's online
Palestine Blogs - The Gazette

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: