TentAng KePribAdiaN gaNDa

Ahad, 27 April 2008, saya terima sebuah sms dari seorang teman di Solo, berikut bunyinya:


Fir, mw nany2 niH, tTg sSeorang yg bkpRbdian gnd. Ciri2ny ap c? N Efeknya gmana? thQ.

InsyaAllah akan saya jawab sebisa saya.

Sebelumnya, saya akan bahas mengenai pengertian kepribadian secara singkat terlebih dahulu. Kata ”kepribadian” dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah personality. Sebenarnya ”personality” sendiri merupakan serapan dari bahasa Latin, ”persona” yang artinya topeng. Dengan demikian, bisa dikatakan bahwa kepribadian adalah sebuah topeng yang kita gunakan untuk ”melindungi diri” dalam berinteraksi dan berperilaku pada sebuah situasi dan kondisi tertentu. So, sudah sewajarnya seseorang itu berperilaku berbeda di suatu tempat dan suasana yang berbeda pula.

Nah, kemudian bagaimana dengan seseorang yang kepribadian ganda?

Kepribadian ganda bila digunakan untuk mengistilahkan perilaku yang berbeda pada sikon yang berbeda pula maka hal itu dianggap normal, dengan catatan kepribadiannya itu terintegrasi utuh menjadi seorang pribadi. Misalnya, Rambutan ketika di rumah dia seorang pemarah, karena tidak cocok dengan ayahnya. Sementara di kampus, dia dikenal periang. Itu tidak disebut kepribadian ganda selama keduanya membentuk pribadi utuh dan kita tahu bahwa itu adalah Rambutan.

Kepribadian ganda yang termasuk abnormal, di Psikologi dikenal dengan istilah DID (Dissociative Identity Disorder). Seseorang yang mengalami gangguan seperti itu setidaknya memiliki dua kepribadian yang berbeda. Dan setiap kepribadian itu diwakili oleh diri yang berbeda pula. Perbedaan itu biasanya ekstrim, yaitu menyangkut beda jenis kelamin, umur, pekerjaan, bahkan kemampuan fisik seperti dapat berjalan, berlari, bahkan ketrampilan khusus.

Selain host personality (kepribadian yang asli), seorang DID memiliki banyak alter personality (kepribadian pengganti) yang dalam sikon tertentu akan muncul dan mengatur penuh dirinya. Ada tiga alter personality yang umumnya dimiliki oleh seorang DID, yaitu:

1. Child alters, diri anak. Biasanya diri ini akan muncul ketika ada stimulus yang berhubungan dekat dengan dunia anak, mainan misalnya. Perilaku ditunjukkan dengan suara nyaring, lincah, suka bermain, dll, pokonya anak-anak banget lah.

2. Persecutor personality, kepribadian penyiksa. Nah ini yang paling bahaya. Ketika sedang menjadi ini biasanya dia melakukan aksi yang berbahaya yang menyakiti dirinya sendiri (a.l. self cutting and self burning) atau orang lain.

3. diri pelindung / penolong. Lha, ini yang lumayan. Dia menjadi seorang yang penolong, baik hati dan tidak sombong (lho kok?!).

Ketika menjadi diri yang lain, seorang DID itu bisa menyadarinya ataupun tidak. Upaya penyembuhan secara terapeutik, dilakukan ketika seseorang sedang ada pada host personality. O, ya jumlah kepribadainnya bisa banyak banget lho, bahkan ada yang ampe 15 lebih.

Tentang efeknya, tentu tidak baik. Karena hal itu membahayakan bagi diri penderita. Tidak sedikit ketika seorang DID sedang menjadi diri penyiksa ia melakukan bunuh diri ataupun menyiksa orang lain. Selain itu, tentu hal tersebut akan mengganggu kehidupan yang bersangkutan.

Bagaimana, sudah paham? Kalau belum, silakan sebutkan mana yang ingin ditanyakan lagi.

Hanya Allah yang Paling Tahu.

–DaFiTawON–

25 Responses to “TentAng KePribAdiaN gaNDa”


  1. 1 YoHang April 29, 2008 pukul 5:36 am

    Nampaknya SMS di atas adalah SMS GANDA. Saya juga dapat SMS serupa, dan nampaknya juga dari orang yang serupa juga. Hehehe. Jadi bagi yang merasa bertanya mengenai hal ini, tuh dah dijelaskan oleh pak psikolog kita.

    Jangan tanya saya, karena paling-paling cuma bisa tak jawab: 2 Operating System memang bisa, tapi 1 operating system barangkali lebih baik. Hehehe.

  2. 2 YoHang April 29, 2008 pukul 5:37 am

    Eh comment di atas: PERTAMAAAXX!!! :D

  3. 3 novrian April 30, 2008 pukul 10:52 am

    kalo psikopat itu apa ya?

  4. 4 Landy April 30, 2008 pukul 1:07 pm

    Sepertinya aku termasuk deh :(

  5. 6 si pengirim sms April 30, 2008 pukul 4:18 pm

    Numpang message bwt Yoga,
    Itu karena dirimu gak bls2, gak ngasih ket, hehe..
    Cz lagi butuh..
    Aneh2 aja nih kejadiannya.. Unik..

    Akhirnya diriku memutuskan untuk mengirimkan juga ke mas Manda,,

    Untuk Firman,
    Feedback:

    Fir, bwt menghadapi orang itu gimana..?
    Rasanya kasihan,,
    Dy emg lagi ‘sakit’,
    banyak kejadian tentang dy.
    Masalahnya aku deket ma dy n ak tw ttg dy,

    Bisa disembuhin gak..?
    Gimana caranya..?

    Fir, dy tu tomboinya bukan main, jaimnya bukan main, gengsi tinggi, hedonis, tapi totalitas kalo ada job.
    Anehnya, dy kalo ada masalah, pelampiasannya fisik. Dari ‘ilikitik’ (tw kan, digelitikin) nyampe nyubit, mukul, dll.
    Masalahnya aku jadi korban pertama..
    T.T
    Mamanya udah lama meninggal.
    Sepertinya si aku dijadikan sbg sosok ibu.
    Curhat apapun ke aku, jadi otomatis jadi tw banyak n deket bkan..
    Trus malemnya masa tiba2 dy jadi anak yang manja banget.
    Bahkan minta dicritain..
    Beberapa kali…akhir2 ni..
    Makanya aku perlu cari tw secepatnya..

    Malem, dy jadi anak yang ‘imut’ bgt, ngrengek, minta critain, kayak anak kecil bgt.
    N alhasil, aku tidurnya abis dy trus..
    Seringnya dy yang slalu nongol ke kamarku..

    Ada saran kah..??

    jzk ya..

  6. 7 penxpower April 30, 2008 pukul 7:50 pm

    kayak gitu ada beneran to :o

  7. 8 penxpower April 30, 2008 pukul 7:51 pm

    emote kok gitu y, maksude emot (KAGET) <-anggep aja ini emot kagetnya YM

  8. 9 aLvey Mei 1, 2008 pukul 4:13 pm

    wuih menarik nih, apalagi ada kasus riilnya.ya pak psikolog.. ditunggu postingan selanjutnya.. hehe

  9. 10 dafitawon Mei 5, 2008 pukul 6:44 pm

    wat landy gpp, save aj
    penx: ya adalah, emang dunia ini hanya saldo dan debet saja kah? Peace! he he he

    ok deh mbak alveY

  10. 11 noerma123 Mei 7, 2008 pukul 11:54 am

    waduh….bahaya ki….

    kalo ciri-cirinya orang yang punya potensi DID apa

  11. 12 dafitawon Mei 7, 2008 pukul 9:41 pm

    o, ya lupa saya sampaikan

    biasanya orang DID itu juga punya gangguan kepribadian lainnya, sedikit yang hanya DID thok. Contoh biasanya mereka punya anxiety disorder (gangguan kecemasan), PTSD (post traumatic syndrome disorder), trauma pas kecil, d el el

    kata dosen yang pernah menanggulangi penderita ini langsung (waktu itu di AMrik) katanya sebelum pindah dari satu pribadi ke pribadi lainnya, mata seorang DID itu kriyip-kriyip dulu.

  12. 13 Febri Kurnia Dewi Mei 16, 2008 pukul 2:11 pm

    Mau tanya nih ! Urgent !!!
    Ada seorang anak kecil. Dia pernah ditegur oleh kedua orangtuanya karena telah menyakiti adiknya sendiri. Tapi dia tidak mau ngaku dan merasa tidak bersalah, sampai dia menangis. Memang saat ditegur, dia benar-benar yakin dia tidak pernah menyakiti adiknya sendiri. Padahal kenyataannya memang iya.
    Apa anak kecil itu juga mempunyai kepribadian ganda ?
    Kalo menurut saya iya. Apalagi sepertinya anak kecil itu tidak sadar kalau dia memiliki sisi lain pada dirinya. Dan sisi lain itu lebih kuat dan bisa mengendalikan tubuh anak kecil itu. Jadi jika habis berbuat jahat, pasti sisi lain itu langsung menghilang dan membiarkan anak kecil itu menjadi dirinya sendiri.
    Ditegaskan sisi lain itu bukanlah roh, setan, atau arwah penasaran yang merasuki anak kecil tersebut. Sisi lain itu benar-benar berasal dari anak kecil tersebut. Ibaratnya jika dia memandang dirinya dalam cermin, maka dia akan melihat dirinya sedang tersenyum sengit.
    Mohon jawabannya, segera. Apa kasus ini bisa dibilang kepribadian ganda ? Dan apa yang harus diperbuat pada anak kecil itu (umurnya 11 tahun) ?
    Terimakasih atas bantuannya.

  13. 14 dafitawon Mei 17, 2008 pukul 3:30 pm

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih untuk Febri Kurnia Dewi yang sudah berbagi.

    Mengenai apakah anak kecil itu berkepribadian ganda atau tidak, saya tidak bisa memastikan, karena untuk menegakkan suatu diagnosis perlu asesment dulu, observsi langsung, dll.

    Tapi, mendengar cerita yang seperti itu ada kemungkinan anak kecil itu memiliki kepribadian ganda. O, ya apakah dia punya gejala “aneh” yang lain? Karena para penderita kepribadian ganda itu sebagian besar memiliki gangguan kepribadian yang lain, seperti anxiety (kecemasan), trauma, dll.

    Pernahkah dia trauma? Atau penah terjadi suatu hal yang “besar” tentang dirinya?

    Mengenai perlakuannya, kebetulan salah satu doktor dan psikolog yang saya kenal pernah menangani kasus seperti ini, ketika beliau ada di AS. Nah, ketika dia sedang ada di host personality, dia diajak ngobrol tentang perilaku “menyimpang”nya tersebut. Apakah dia sadar atau tidak? Terus digali dengan pertanyaan semacam itu. Dan kemudian, kalau tidak disadarinya, kita jelaskan kepadanya kalau kadang dia menjadi bukan dirinya. Berbuat aneh, dan semacamnya. Kita pahamkan kepada dia. LAngkah selanjutnya, adalah dengan menguatkan host personality-nya. Ketika dia sedang jadi personality yang lain kita arahkan dia ke host pst. Misal dengan bertanya2, menyapa dengan nama, ataupun kita ajak ngobrol menyangkut kesenangannya.

    O, ya pernah dalam suatu diskusi yang dipimpin oleh Doktor yang di atas, ada sebuah pendapat bahwa gen ingatan itu diwariskan. Maksudnya, ingatan itu diwariskan secara genetis. Jadi, ingatan itu tidak hilang. Lha, itu sebabnya kita kadang merasakan “de javu” = merasa sudah pernah mengalami peristiwa atau pernah datang di tempat asing. Apa mungkin, pendahulunya dulu (bisa kakek, buyut, dll) yang suka njailin anak kecil? , ya pendapat tadi masih dicoba dibuktikan dengan penelitian. Jangan anggap 100% benar. Jadikan sekedar wacana saja.

    Demikian, semoga membantu.

    —O, ya kelupaan, jangan beri perlakuan anak kecil tersebut dengan tindakan fisik y! —

  14. 15 septiarani Mei 20, 2008 pukul 1:00 pm

    wah, firman dah buka klinik konsultasi nih.. kapan2 kalo mo konsultasi kesini aja deh.. soalnya gratiss sih. hehe.

  15. 16 aldy Juli 7, 2008 pukul 6:31 pm

    mau tanya tentang simbol status donk, menurut psikokogi apa pengaruhnya? lengkapin ya sama refrensinya ok! ditinggu loh di Email ku :

  16. 17 dini dwi astuti Agustus 28, 2009 pukul 11:12 am

    saya……………….
    saya berkrepibadian ganda…………..
    apa itu salah?

  17. 18 dini dwi astuti Agustus 28, 2009 pukul 11:16 am

    apa aneh jika ada orang yang memiliki kepribadian ganda…..

    memang terkadang itu sangat-sangat menyiksa……

    terkadang………….saya tidak tahu apa yang terjadi pada diri saya………………………..

  18. 19 dini dwi astuti Agustus 28, 2009 pukul 11:17 am

    saya suka melihat orang lain menderita
    aalagi orang itu telah jahat kepada saya……………..

  19. 20 Jubee iq Desember 26, 2009 pukul 9:01 pm

    waaahhh…menarik juga,,,uda lama bgt yaaa

    tp q mo nanya

    beda gak anatara teman khayal dan kepribadian ganda…
    kdg kalo merasa kecewa atw ngerasa lg sedih,,teman khayal
    tu merupakan salah satu pelarian…seolah2 dy itu punya
    banyak hal hebat yg kita ga punya n terkadang hal itu
    memalingkan permasalahan tsb walao cm sebentar

    khayal ga cm 1 aja…tp byk bgt…n punya karakter yg beda pula
    saling melengkapi laaa pokoke

  20. 21 Hifdzon Oktober 11, 2010 pukul 8:26 pm

    Q jg kadang seprti itu d dpan kluarga q org yg jaim,tp d dpan tmN2 q riang dan enjerjik bhkan ska mlawak..ha.,

  21. 22 amel Maret 16, 2011 pukul 11:35 pm

    Maaf sebelumnya, saya mau tanya, kepribadian ganda itu teori siapa yah? saya bisa dapet info lengkapnya dari buku apa? terimakasih …

  22. 23 skymunki April 16, 2012 pukul 11:03 pm

    hi. i was just wondering where you found that amazing picture of the ball with three faces?? I am looking for the origin destination of this picture and I stumbled upon your blog. Do you possibly have a link for me? Will really appreciate if you can give me any info on this… your post is great by the way. :)

  23. 24 Ryuuki M Heartnet Desember 17, 2012 pukul 7:37 pm

    bisa ga kepribadian lainnya, cuma sebagai pendamping (Seperti ortu)..
    tapi dia cuma datang pas dalam keadaan terdesak….

  24. 25 indieluvie November 26, 2013 pukul 1:36 pm

    thanx infonya…jadi bisa tau gmn org DID…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Arsip

My Photo

More Photos
who's online
Palestine Blogs - The Gazette

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: